3 Cara Membuat Deposito Jadi Investasi yang Menguntungkan

3 Cara Membuat Deposito Jadi Investasi yang Menguntungkan
https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-memegang-pulpen-biru-di-atas-notebook-putih-669610/

Dalam ketidakpastian ekonomi saat ini, banyak orang memilih berinvestasi pada instrumen yang paling aman. Selain emas, deposito merupakan salah satu produk investasi yang menarik. Setoran sama dengan tabungan. 

Hanya saja tabungan tidak bisa ditarik sewaktu-waktu, seperti tabungan. Karena ada jangka waktu tertentu yang disebut tenor agar bisa menariknya. Pilihannya mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan (2 tahun).

Deposit dapat ditarik dari waktu ke waktu atau diperpanjang secara otomatis atau automatic roll over (ARO). Kamu juga dapat memilih apakah akan membayar deposit dalam rupee atau mata uang asing.

Fitur yang paling menarik adalah tingkat bunga yang ditawarkan. Secara keseluruhan, bank memiliki suku bunga deposito  yang jauh lebih tinggi daripada tabungan, meski ada pula yang masih di bawah suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). 

Sementara suku bunga acuan BI terus menurun hingga 4,5 persen, rata-rata suku bunga deposito bank umum sekitar 5 persen. Baik untuk tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Menguntungkan, bukan? Apalagi jika kamu memegang deposito sebagai pilihan investasi, kamu tidak perlu khawatir. Karena tabungan akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain itu, tabungan bisa dijadikan sebagai jaminan pinjaman jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana segar dan mendesak. Deposito juga paling cocok untuk kamu yang sudah punya financial plan. 

Jadi sesuaikan saja sesuai dengan jangka waktu setoran. Misalnya untuk biaya sekolah anak tahun depan, DP rumah dan kebutuhan lainnya. Jadi bagaimana cara investasi deposito agar bisa menguntungkan dari suku bunga yang ditawarkan oleh bank? Simak caranya berikut ini:

3 Cara Membuat Deposito Jadi Investasi yang Menguntungkan

1. Jangan menarik deposito sesering mungkin

Kunci untuk membuat deposito lebih menguntungkan adalah mendapatkan kembali bunga dari tabungan yang kamu depositokan. Karena itu, jangan pernah menarik hasilnya. Biarkan saja pokok dan bunga tabunganmu terus bergulir agar simpanan terus bertambah.

Contohnya kamu membuka deposito Rp. 8 juta setiap bulan selama 6 bulan. Setelah 6 bulan, jangan mencairkannya. Dengan cara ini, perpanjangan otomatis dapat dilakukan selama 6 bulan. Deposito pokok dengan bunga tetap utuh selama 6 bulan pertama dan akan terus meningkat.

2. Disiplin dalam menabung penghasilan

Walaupun buruh pabrik, tetapi mengapa bisa memiliki rumah dan bebas hutang? Inilah keuntungan dari menggunakan tabungan deposito.

Jika kamu rajin atau disiplin dalam menyisihkan gaji setiap bulan dan kemudian menempatkannya pada instrumen investasi yang sesuai seperti deposito, tabungan yang kamu miliki akan membengkak dari bunganya sebagai pendapatan. 

Tidak peduli berapa dana yang kamu sisihkan untuk deposit penyimpanan, hasilnya bisa sangat besar. Menyisihkan penghasilan berarti kamu harus siap menabung. Menabung untuk waktu yang lama untuk merasakan masa depan keuangan yang manis. 

Mulailah menabung mulai sekarang.

3. Susun strategi untuk menghindari gangguan pada Deposito

Namanya hidup, pasti ada saja kebutuhan yang tidak terpikirkan. Kadang-kadang itu datang pada waktu yang salah dan menghabiskan banyak uang. Atau tiba-tiba ada godaan untuk belanja, sehingga pada akhirnya kamu tidak bisa menahan nafsu.

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat atau menyusun strategi yang tepat agar apapun yang terjadi, deposito yang kamu lakukan tetap aman seperti yang diharapkan.

Atur penghasilanmu dengan benar. Misalnya membaginya menjadi tiga bagian. Pertama, untuk kebutuhan setiap bulannya. Kedua, untuk kebutuhan mendadak, seperti uang berobat, atau keperluan mendadak lainnya. Ketiga, untuk setoran deposito.

Dengan mengikuti ketiga cara diatas akan membuat tabungan deposito yang kamu lakukan, akan semakin menguntungkan. Namun, jika kamu masih ingin memperoleh keuntungan lainnya, kamu bisa mencoba digibank by DBS sebagai tempat investasi yang menguntungkan.

Keunggulan Program Deposito dari digibank by DBS

Berikut ini empat keunggulan dari program deposito yang ditawarkan digibank by DBS untuk pada nasabahnya. 

1. Akses pakai aplikasi 24/7

Dengan hadirnya Aplikasi digibank by DBS akan memudahkan saat kamu ingin melakukan setoran. Selain itu, aksesnya bisa dimana saja dan online setiap saat.

2. Bunga kompetitif

Bunga deposito yang ditawarkan digibank by DBS sangat kompetitif, bunga mencapai 4,5 persen per tahunnya.

3. Tenor waktu

Ada banyak tenor waktu yang bisa kamu pilih, mulai dari 1 bulan, atau 3, 6, 9, dan 12 bulan.

4. Jumlah Deposito

Kamu bisa melakukan deposito mulai dari Rp. 1 juta saja.

Seperti itulah empat keunggulan yang ditawarkan program deposito dari DBS Indonesia. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak mencoba keuntungan menabung menggunakan Aplikasi digibank by DBS. 

0 Response to "3 Cara Membuat Deposito Jadi Investasi yang Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel