Tips Aman Menggunakan Mesin ATM Agar Tidak Sampai Terpapar Virus Corona

Dengan bertebaranya virus Corona, bahkan sekarang kasusnya memang sudah menyebar secara merata di seluruh penjuru Indonesia. Tentunya membuat banyak orang semakin ketakutan untuk keluar rumah. Mengingat sangat mungkin nantinya ketika Anda keluar rumah dan juga berkerumun dengan banyak orang maka bisa saja tertular oleh virus mematikan ini. Ingat bahwa sampai sekarang ini belum ditemukan vaksin untuk mengatasinya, untuk itu maka kita semua patut waspada.

Umumnya virus ini dapat ditularkan langsung jika seandainya Anda terkena droplets penderita Covid 19 yang dikeluarkan lewat mulut dan juga hidung. Namun juga dapat ditularkan dari benda-benda atau sarana umum yang dipakai bersama. Mengingat terkadang ada beberapa orang yang terkadang memiliki atau membawa virus ini namun tidak sadar bahwa mereka sedang terpapar. Sehingga terus menerus menularkan kepada orang lain tanpa disadari.

Diantara saja umum yang bisa sangat rentan menularkan virus Corona adalah ATM atau Anjungan Tunai Mandiri dimana memang hampir semua orang menggunakannya untuk melakukan transaksi keuangan secara lebih mudah. Apalagi memang terkadang kita ingin mengambil uang atau tarik tunai hanya bisa dilakukan lewat ATM. Untuk itu maka berikut ini diantaranya tips dalam menggunakan ATM agar tidak sampai tertular Covid 19, yaitu:

Tips Aman Menggunakan Mesin ATM Agar Tidak Sampai Terpapar Virus Corona


  1. Hendaknya utamakan atau cari ATM yang berada di tempat terbuka, dibandingkan dengan ATM yang lokasinya ada di area tertutup layaknya kantor bank secara langsung, kemudian juga di pusat perbelanjaan yang memang kondisinya tertutup, ditambah dengan adanya AC membuat sirkulasi udara kurang begitu baik, sehingga kemungkinan virus tersebut bertebaran atau hidup di dalam sana untuk waktu yang lama juga sangatlah tinggi. Berbeda jika seandainya ATM ada di lokasi yang terbuka, maka sirkulasi udara akan berjalan secara lebih baik.
  2. Gunakan masker, ketika Anda masuk ke ATM maka sebisa mungkin gunakan masker untuk mencegah penularan virus yang berasal dari udara secara langsung. Jika perlu Anda juga bisa memakai sarung tangan untuk melindungi ketika tengah melakukan transaksi.
  3. Segera gunakan hand sanitizer ketika Anda selesai melakukan transaksi, sebaiknya pada kartu ATM yang Anda pakai tersebut juga harus disemprot dengan hand sanitizer dan dibersihkan sebelum nantinya Anda masukkan dalam dompet. Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman penyebab penyakit yang beresiko tinggi menempel pada tangan dan sarana Anda tersebut.
  4. Hindari menyentuh bagian wajah Anda setelah melakukan transaksi di ATM, untuk menjaga keamanan dan juga mengurangi kemungkinan nantinya virus akan masuk kedalam tubuh lewat mulut, hidung maupun mata. Maka ada baiknya bagi Anda untuk tidak menyentuh wajah setelahnya, meskipun sudah menggunakan hand sanitizer, hal ini ditujukan untuk keamanan.
  5. Utamakan transaksi secara online jika memang bisa, jika tujuan Anda bukan untuk mengambil uang, melainkan hanya sekedar untuk transfer atau mungkin mengecek saldo dan sejenisnya. Lebih baik tidak melakukan transaksi lewat ATM, melainkan bisa memanfaatkan fasilitas ebanking ataupun juga mobile banking yang dimiliki. Sehingga bisa mengurangi resiko tertular virus Corona.


Faktanya memang sarana umum menjadi salah satu tempat penyebaran dari penyakit ini tanpa disadari. Itulah mengapa tidak heran jika seandainya pemerintah melakukan upaya penyemprotan desinfektan pada sarana umum tersebut demi keamanan bersama. Langkah-langkah pencegahan agar tidak sampai tertular oleh Covid 19 ini bisa Anda lihat lebih lengkapnya di situs Halodoc.

0 Response to "Tips Aman Menggunakan Mesin ATM Agar Tidak Sampai Terpapar Virus Corona"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel