5 Kesalahan Desain Undangan Pernikahan yang Banyak Dilakukan Calon Pengantin

Undangan pernikahan memang bisa memberikan kesan meriah dalam sebuah undangan. Hal ini bisa membuat para undangan ingin untuk datang ke acara yang sudah kita persiapkan dengan matang.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam membuat desain undangan pernikahan. Karena, sering kali ada banyak hal yang dilewatkan atau terlewatkan ketika calon pengantin membuat sebuah undangan pernikahannya.

Hal ini merupakan sebuah kesalahan yang seharusnya bisa dihindari. Mengingat, merencanakan pernikahan yang sempurna adalah impian semua orang.

Karenanya, hindari beragam kesalahan dalam membuat desain undangan pernikahan ini. Sehingga kita tidak membuat undangan yang tidak menarik.

1. Jangan Masukkan Banyak Hal

5 Kesalahan Desain Undangan Pernikahan yang Banyak Dilakukan Calon Pengantin

“less is more” kata-kata tersebut adalah sebuah mantra dalam desain. Karenanya, sebaiknya kita membuat desain undangan pernikahan yang secukupnya. Tidak berlebihan, tapi juga tidak kekurangan.

Sering kali kita ingin memasukkan banyak hal dalam undangan pernikahan. Mulai dari ornamen-ornamen tambahan, kutipan kata mutiara, informasi yang tidak penting, dan beragam hal lainnya.

Padahal, kita bisa membuat sebuah desain yang sederhana dengan informasi secukupnya. Mulai dari nama mempelai, tempat acara, waktu acara, keluarga mempelai, dan juga map atau peta lokasi pernikahan.

Sementara hal lainnya sebenarnya tidak terlalu penting untuk dimasukkan ke dalam undangan dan malah akan membuat undangan terlihat padat.

2.Tidak Membaca Ulang

Tidak Membaca Ulang

Kesalahan yang kerap kali dilakukan calon pengantin adalah tidak membaca ulang kembali undangan. Mintalah banyak orang untuk membaca contoh desain undangan pernikahan sebelum mencetaknya. Sehingga bisa meminimalisir salah ketik atau typo.

Tidak hanya itu, kita juga bisa melihat ulang tentang tata letak dan juga beragam informasi lainnya. Mulai dari nama tempat, alamat, waktu, dan nama-nama lain yang ada di dalam undangan.

Karena, jika ada yang salah dalam hal tersebut, undangan bisa jadi tidak datang pada acara pernikahan karena salah informasi.

3. Menggunakan Terlalu Banyak Warna

Menggunakan Terlalu Banyak Warna

Warna memang menarik, tapi ini adalah undangan pernikahan, bukan poster. Jadi, jangan gunakan terlalu banyak warna di dalamnya. Apalagi warna yang sangat mencolok.

Warna yang harus diperhatikan adalah warna dasar, warna pelengkap, dan warna huruf. Ketiganya haruslah terlihat serasi sehingga tidak tersaling bertabrakan. Warna huruf harus bisa terbaca dengan jelas dan tidak terlalu sama dengan warna latar belakangnya.

Kita bisa memilih dan menentukan warna undangan pernikahan dengan memilih warna yang sama dengan warna utama dari tema pernikahan. Sehingga undangan akan bisa merasakan kemewahan atau keserasian dari pesta pernikahan.

4. Menggunakan Font yang Sulit Dibaca

Menggunakan Font yang Sulit Dibaca

Memang, undangan pernikahan haruslah terlihat cantik dan elegan. Sehingga menggunakan font yang cantik dan indah sangatlah dianjurkan. Hanya saja, ketika memilih font, kita tetap harus memastikan bahwa font akan mudah terbaca.

Kaligrafi yang dipilih haruslah terbaca dengan mudah. Karena, jika tidak hal ini akan membuat masalah baru untuk para undangan.

5. Memesan Terlalu Sedikit

Memesan Terlalu Sedikit


Ini adalah hal yang sering kali terjadi. Kita memesan undangan cetak yang terlalu sedikit. PAdahal ada beberapa orang atau kerabat penting yang belum mendapatkan undangan.

Karenanya, penting bagi kita untuk menghitung dengan pasti siapa saja undangan, dan berapa undangan pernikahan yang akan dicetak. Sehingga hal seperti ini tidak perlu terjadi.

Tidak hanya itu, kita juga bisa membuat desain undangan digital. Dengan ini, kita bisa mengirimkan undangan melalui Internet. Baik itu melalui email, media sosial, atau bahkan instant messaging.

Foto: iStock

0 Response to "5 Kesalahan Desain Undangan Pernikahan yang Banyak Dilakukan Calon Pengantin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel