5 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dikerjakan

Bicara soal peluang usaha bagi ibu rumah tangga memang agak susah. Sebab ibu adalah pengurus rumah tangga dan sering dianggap tidak menghasilkan pundi-pundi uang. Padahal sebenarnya seorang ibu bisa memanfaatkan waktu senggang mereka untuk menjalankan usaha sampingan yang dapat membantu keuangan keluarga. Biarpun konsekuensi yang dihadapi lebih berat daripada hanya menjadi ibu rumah tangga biasa.

5 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dikerjakan

Sebab mereka harus berperan ganda, yaitu menjadi ibu dan menjadi seorang pengusaha/pembisnis yang menjalankan bisnisnya. Jadi ibu rumah tangga yang memiliki bisnis harus pandai mengatur waktu dalam pengerjaan bisnisnya.  Ada baiknya ibu rumah tangga yang tertarik membuka usaha/bisnis harus memilih usaha yang mudah dikerjakan.


Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

Berikut ini telah kami rangkum 5 usaha sampingan ibu rumah tangga yang mudah dikerjakan :

1. Bisnis Online

Bisnis online sangat populer saat ini dan terbilang cocok untuk dijalankan oleh ibu rumah tangga. Terutama bisnis online dengan modal yang kecil seperti afiliasi pemasaran dan dropshipping. Jadi afiliasi pemasaran dan dropshipping adalah suatu memasarkan dan menjualkan produk tertentu dari produsen secara online. Dimana ibu rumah tangga akan mendapatkan komisi jika berhasil menjualkannya.

Anda bisa memasarkan produk tersebut lewat situs website dan sosial media. Disana dapat mengunggah gambar/foto produk lebih fleksibel untuk memasarkannya. Agar lebih menarik anda bisa menambahkan banner iklan, link afiliasi dan menulis review produk. Untuk menumbuhkan kepercayaan pembeli, bisa kamu tambahkan testimoni dari pembeli pendahulunya.

Sedangkan pada sistem dropshipping, kamu menjual produk mereka secar online. Ketika ada pesanan, kamu tinggal memesan pada pemilik produk dan pemilik produk akan mengirimkan produk ke kamu atau ke konsumen langsung. Keunggulan dari bisnis online adalah kamu tidak perlu pusing memikirkan stok dan waktu yang fleksibel.

2. Bisnis agen kecantikan dan kesehatan

Jika kamu adalah ibu rumah tangga yang suka dengan kecantikan, kamu bisa mencoba menjadi agen kecantikan. Kamu bisa bergabung dengan MLM yang bergerak di bidang kecantikan yang ada di Indonesia ini. Biasanya mereka memberika keuntungan sekitar 23% - 30 % dari harga katalog. Kamu bisa memasarkan produk kecantikan tersebut secara online atau offline. Bermodalkan katalog, kamu bisa menggaet pembeli ataupun anggota agen kecantikan. Beberapa rewads juga disediakan untuk menambah semangat kamu untuk mendalami bisnis ini.

Selain tertarik pada dunia kecantikan, ada baiknya juga anda memikirkan juga masalah kesehatan. Kesehatan adalah investasi paling penting pada kehidupan hari ini dan masa depan. Kamu juga bisa bergabung menjadi agen penjual produk kesehatan. Keuntungan lain dari bisnis ini adalah kamu bisa tampil cantik dan sehat sehingga cocok menjadi brand ambassador dari produk yang kamu jual.

3. Seorang penulis online

Jika kamu memiliki seperangkat komputer atau laptop, kamu bisa memulai menjadi seorang penulis online. Kamu bisa menulis konten untuk dirimu sendiri atau orang lain.  Langkah awal adalah memiliki blog gratisan. Selanjutnya bisa kamu kembangkan dengan membuat alamat domain yang lebih profesional. Domain profesional didapat dari top level domain yang harganya sekitar 100 ribu per tahun.

Awalnya mungkin kamu tidak akan menyangka blog bisa menghasilkan uang. Akan tetapi blog dengan trafik tinggi pengunjung akan mendatangkan banyak uang. Terutama jika bergabung pada publisher adsense, menjual space iklan yang bisa disewa/dijual. Ataupun kamu juga bisa menjual produk online shopmu pada blog buatanmu.

4. Vlogger

Era digital yang kian berkembang, kamu bisa juga membuat video di platform youtube secara gratis. Kamu bisa mengunggah video-video seperti video lucu, video tutorial, video perjalanan wisata, video make up, dan lain-lain. Kelemahan pada bisnis adalah membutuhkan koneksi internet yang kuat. Jika kamu belum memiliki wifi maka kamu bisa mencari wifi gratis pada lokasi publik tertentu.

5. Bisnis recycle barang

Bisnis recycle barang adalah memanfaatkan kembali barang bekas/sampah menjadi produk kerajinan yang sarat akan manfaat dan nilai ekonomis. Kamu bisa bersama ibu rumah tangga lain bekerja sama mengolah barang bekas tersebut sehingga menghasilkan untung yang lumayan. Contoh barang bekas yang bisa direcycle adalah kayu, kertas, daun, logam. Memang untuk bisnis membutuhkan seseorang yang mampu menyulap dan sangat kreatif. 

Itulah beberapa peluang usaha untuk ibu rumah tangga, tertarik mencoba salah satunya?

0 Response to "5 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dikerjakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel